URGENSI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA DI INDONESIA

Authors

  • ANDREW SHANDY UTAMA Fakultas Hukum Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.61876/alj.v2i1.14

Keywords:

Pendidikan Pancasila, Penguatan, Urgensi

Abstract

Karakter Pancasila adalah suatu sikap yang bersumber dari nilai-nilai luhur ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai musyawarah, dan nilai keadilan. Karakter Pancasila merupakan identitas asli bangsa Indonesia yang diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan urgensi penguatan pendidikan karakter Pancasila di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif. Salah satu cara untuk melestarikan nilai-nilai luhur Pancasila adalah melalui pendidikan, mulai dari pendidikan dasar, pendidikan menengah, hingga pendidikan tinggi. Penguatan nilai-nilai luhur Pancasila melalui Pendidikan Karakter Pancasila terbagi dalam empat fase, yaitu sosialisasi Pancasila, kesadaran diri masyarakat, penyampaian dan ajakan kepada orang lain, serta terbentuknya karakter Pancasila. Pendidikan karakter Pancasila merupakan opsi tunggal yang harus diimplementasikan dalam rangka penguatan nilai-nilai luhur Pancasila di tengah badai degradasi moral bangsa Indonesia. Namun, tantangan terbesar dalam implementasi Pendidikan Karakter Pancasila adalah political will para penguasa yang sudah nyaman dengan sistem yang corrupt.

References

Andrew Shandy Utama. “Law and Social Dynamics of Society”. International Journal of Law and Public Policy, Volume 3, Issue 2, 2021. Hal. 107-112.

Chairiyah. “Revitalisasi Nilai-nilai Pancasila sebagai Pendidikan Karakter”. Jurnal Trihayu, Volume 1, Nomor 1, 2014. Hal. 54-62.

Moh. Mahfud MD. Politik Hukum di Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Sandra Dewi dan Andrew Shandy Utama. “Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia serta Perkembangan Ideologi Pancasila pada Masa Orde Lama, Orde Baru, dan Era Reformasi”. Jurnal Pelita Bangsa Pelestari Pancasila, Volume 13, Nomor 2, 2018. Hal. 17-36.

Winarno. Paradigma Baru Pendidikan Pancasila. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Downloads

Published

2023-06-01

How to Cite

SHANDY UTAMA, A. (2023). URGENSI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PANCASILA DI INDONESIA. ANDREW Law Journal, 2(1), 10–14. https://doi.org/10.61876/alj.v2i1.14